Nama : Ade Septiawati
NPM : 1501030002
Mata Kuliah : Psikologi Perkembangan Anak
Jurusan / Semester : PIAUD / 6 (Enam)
Dosen Pengampu : Uswatun Hasanah, M.Pd.I
TUGAS
Soal!
1. Jelaskan
yang dimaksud dengan kelekatan emosional?
Jawab:
Istilah attachment (kelekatan) untuk pertama
kalinya dikemukakan oleh seorang psikolog dari inggris pada tahun 1958 bernama
John Bowlby. Menurut Ainsworth (1969) attachment
(kelekatan) adalah ikatan emosioanal yang dibentuk individu dengan orang lain
yang bersifat spesifik, mengikat mereka dalam suatu attachment yang bersifat kekal sepanjang waktu. Attachment (kelekatan) merupakan suatu
ikatan emosional yang kuat yang dikembangkan anak melalui interaksinya dengan
orang yang mempunyai arti khusus dalam kehidupannya, biasanya orang tua (Mc
Cartney dan Dearing, 2002). Contoh attachment
(kelekatan) yang paling familier adalah ikatan yang berkembang antara bayi dan
pengasuh utamanya (umumnya ibunya). attachment
(kelekatan) adalah ikatan emosional, bukan perilaku.
Dari definisi attachment
(kelekatan) diatas dapat disimpulkan bahwa attachment
(kelekatan) adalah suatu hubungan emosioanal atau hubungan yang bersifat
efektif antara satu individu dengan individu lainnya yang mempunyai arti khusus,
dalam hal ini biasanya hubungan ditujukan kepada ibu atau pengasuhnya.
2. Sebutkan
pola kelekatan emosional?
Jawab:
Pola attachment (kelekatan) emosional
merupakan kecenderungan individu dalam berelasi dengan individu lain yang
memiliki arti tertentu yang lebih bersifat emosional atau afektif (Bartholomew &
Horowitz, 1991).
Pola Kelekatan
Emosional, antara lain:
a. Pola
kelekatan aman; mempunyai model mental diri sebagai orang berharga, penuh
dorongan dan mengembangkan model mental orang lain sebagai orang yang bersahabat,
dipercaya, repsonsive dan penuh kasih sayang.
b. Pola
kelekatan cemas; mempunyai model mental sebagai orang yang kurang perhatian,
kurang percaya diri, merasa kurang berharga dan memandang komitmen orang lain
mempunyai komitmen rendah dalam hubungan interpersonal, kurang asertif dan
merasa tidak dicintai orang lain, kurang bersedia untuk menolong.
c. Pola
kelekatan menghindar; mempunyai model mental diri sebagai orang yang skeptis,
curiga dan memamndang orang sebagai orang yang kurang mempunyai pendirian dan
model mental sosial sebagai orang yang tidak merasa percaya pada kesediaan
orang lain, dan rasa takut untuk ditinggal.
3. Sebutkan
tahap perkembangan emosional pada anak usia 3 tahun pertama? Jelaskan!
Jawab:
|
Tahap Perkembangan Emosional Pada Anak Usia 3 Tahun
Pertama
|
|
a.
Mulai
bisa melakukan buang air kecil tanpa bantuan.
b.
Bersabar
menunggu giliran.
c.
Mulai
menunjukkan sikap toleran sehingga dapat bekerja dalam kelompok.
d.
Mulai
menghargai orang lain.
e.
Bereaksi
terhadap hal-hal yang dianggap tidak benar (marah apabila diganggu atau
diperlakukan berbeda).
f.
Mulai
menunjukkan ekspresi menyesal ketika melakukan kesalahan.
|
Sumber:
Mulyasa, Manajemen PAUD, (Bandung: Rosdakarya,
2014)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar