Minggu, 29 April 2018

TUGAS MK PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK IAIN METRO


Nama                          : Ade Septiawati
NPM                           : 1501030002
Mata Kuliah              : Psikologi Perkembangan Anak
Jurusan / Semester    : PIAUD / 6 (Enam)
Dosen Pengampu      : Uswatun Hasanah, M.Pd.I
TUGAS

Soal!
1.      Jelaskan yang dimaksud dengan kelekatan emosional?
Jawab:
Istilah attachment (kelekatan) untuk pertama kalinya dikemukakan oleh seorang psikolog dari inggris pada tahun 1958 bernama John Bowlby. Menurut Ainsworth (1969) attachment (kelekatan) adalah ikatan emosioanal yang dibentuk individu dengan orang lain yang bersifat spesifik, mengikat mereka dalam suatu attachment yang bersifat kekal sepanjang waktu. Attachment (kelekatan) merupakan suatu ikatan emosional yang kuat yang dikembangkan anak melalui interaksinya dengan orang yang mempunyai arti khusus dalam kehidupannya, biasanya orang tua (Mc Cartney dan Dearing, 2002). Contoh attachment (kelekatan) yang paling familier adalah ikatan yang berkembang antara bayi dan pengasuh utamanya (umumnya ibunya). attachment (kelekatan) adalah ikatan emosional, bukan perilaku.
Dari definisi attachment (kelekatan) diatas dapat disimpulkan bahwa attachment (kelekatan) adalah suatu hubungan emosioanal atau hubungan yang bersifat efektif antara satu individu dengan individu lainnya yang mempunyai arti khusus, dalam hal ini biasanya hubungan ditujukan kepada ibu atau pengasuhnya.

2.      Sebutkan pola kelekatan emosional?
Jawab:
Pola attachment (kelekatan) emosional merupakan kecenderungan individu dalam berelasi dengan individu lain yang memiliki arti tertentu yang lebih bersifat emosional atau afektif (Bartholomew & Horowitz, 1991).
Pola Kelekatan Emosional, antara lain:
a.    Pola kelekatan aman; mempunyai model mental diri sebagai orang berharga, penuh dorongan dan mengembangkan model mental orang lain sebagai orang yang bersahabat, dipercaya, repsonsive dan penuh kasih sayang.
b.    Pola kelekatan cemas; mempunyai model mental sebagai orang yang kurang perhatian, kurang percaya diri, merasa kurang berharga dan memandang komitmen orang lain mempunyai komitmen rendah dalam hubungan interpersonal, kurang asertif dan merasa tidak dicintai orang lain, kurang bersedia untuk menolong.
c.     Pola kelekatan menghindar; mempunyai model mental diri sebagai orang yang skeptis, curiga dan memamndang orang sebagai orang yang kurang mempunyai pendirian dan model mental sosial sebagai orang yang tidak merasa percaya pada kesediaan orang lain, dan rasa takut untuk ditinggal.

3.      Sebutkan tahap perkembangan emosional pada anak usia 3 tahun pertama? Jelaskan!
Jawab:     
Tahap Perkembangan Emosional Pada Anak Usia 3 Tahun Pertama
a.       Mulai bisa melakukan buang air kecil tanpa bantuan.
b.      Bersabar menunggu giliran.
c.       Mulai menunjukkan sikap toleran sehingga dapat bekerja dalam kelompok.
d.      Mulai menghargai orang lain.
e.       Bereaksi terhadap hal-hal yang dianggap tidak benar (marah apabila diganggu atau diperlakukan berbeda).
f.        Mulai menunjukkan ekspresi menyesal ketika melakukan kesalahan.
       Sumber: Mulyasa, Manajemen PAUD, (Bandung: Rosdakarya, 2014)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar